Tips Memilih Pomade yang Tepat untuk Gaya Rambutmu

Tips499 Dilihat

rizkysmg.–Memilih produk perawatan rambut yang tepat adalah langkah penting dalam menjaga penampilan kita tetap stylish. Salah satu produk yang populer dalam dunia grooming adalah pomade. Pomade adalah produk yang digunakan untuk membentuk dan mengatur gaya rambut. Namun, dengan begitu banyak pilihan di pasaran, bagaimana kita bisa memilih pomade yang tepat untuk gaya rambut kita? Artikel ini akan memberikan tips memilih pomade yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

 Kenali Jenis Pomade

Sebelum memilih pomade, Anda perlu memahami bahwa ada beberapa jenis pomade yang berbeda. Setiap jenis memiliki karakteristik dan kegunaan yang berbeda, jadi penting untuk memilih yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Berikut beberapa jenis pomade yang umum di pasaran:

 1. Pomade Berbasis Air (Water-Based Pomade)

Pomade berbasis air adalah jenis pomade yang paling populer saat ini. Keunggulan utamanya adalah mudah dibilas dengan air dan tidak meninggalkan residu berminyak pada rambut. Pomade berbasis air cocok untuk gaya rambut yang lebih fleksibel dan mudah diatur. Mereka memberikan kilau yang sehat pada rambut tanpa efek berminyak yang berlebihan. Cocok untuk pemula dan mereka yang tidak ingin ribet saat membersihkan rambut.

2. Pomade Berbasis Minyak (Oil-Based Pomade)

Pomade berbasis minyak adalah jenis pomade yang lebih klasik. Mereka cenderung memberikan kilau tinggi dan tahan lama pada rambut. Namun, pomade ini sulit dibilas dan dapat meninggalkan residu berminyak pada rambut. Cocok untuk gaya rambut yang memerlukan daya tahan tinggi, seperti pompadour atau slick back. Namun, perlu perhatian ekstra saat membersihkan rambut.

Pertimbangkan Gaya Rambut Anda

Setiap gaya rambut memerlukan jenis pomade yang berbeda. Jadi, langkah pertama dalam memilih pomade yang tepat adalah mempertimbangkan gaya rambut Anda. Berikut beberapa contoh gaya rambut dan jenis pomade yang sesuai:

 1. Gaya Rambut Slick Back

Jika Anda suka gaya rambut slick back yang rapi dan berkilau, pomade berbasis minyak adalah pilihan yang baik. Pomade ini memberikan tahan lama dan kilau tinggi yang diperlukan untuk gaya rambut ini.

 2. Gaya Rambut Messy atau Textured

Jika Anda lebih suka gaya rambut yang berantakan atau ber tekstur, pomade berbasis air adalah pilihan yang lebih baik. Mereka memberikan fleksibilitas dan memungkinkan Anda untuk merestrukturisasi gaya rambut Anda sepanjang hari.

 3. Gaya Rambut Pompadour

Untuk gaya rambut pompadour yang tinggi dan berkilau, Anda dapat mencampurkan kedua jenis pomade. Gunakan pomade berbasis minyak untuk memberikan tahan lama dan kilau, lalu tambahkan sedikit pomade berbasis air untuk mempermudah penataan.

 Pertimbangkan Tingkat Hold

Selain jenis pomade, tingkat hold atau daya tahan juga harus dipertimbangkan. Tingkat hold mengukur seberapa kuat pomade dapat menahan gaya rambut Anda sepanjang hari. Ada tiga tingkat hold utama:

 1. Light Hold

Pomade dengan light hold memberikan kontrol yang lebih rendah pada gaya rambut Anda. Mereka cocok untuk gaya rambut yang lebih santai dan berantakan. Jika Anda ingin gaya rambut yang tetap terlihat alami, pomade ini adalah pilihan yang baik.

 2. Medium Hold

Pomade dengan medium hold adalah pilihan yang paling umum. Mereka memberikan keseimbangan antara kontrol dan fleksibilitas. Pomade ini cocok untuk sebagian besar gaya rambut sehari-hari.

 3. Strong Hold

Jika Anda memerlukan gaya rambut yang sangat tahan lama, pomade dengan strong hold adalah pilihan yang tepat. Mereka memberikan kontrol maksimal pada gaya rambut Anda dan cocok untuk gaya rambut yang memerlukan daya tahan ekstra.

 Perhatikan Bahan-Bahan dalam Pomade

Selain jenis dan tingkat hold, Anda juga perlu memperhatikan bahan-bahan yang terkandung dalam pomade. Beberapa pomade mengandung bahan-bahan alami, sementara yang lain mengandung bahan-bahan kimia. Jika Anda memiliki kulit sensitif atau alergi tertentu, penting untuk memilih pomade yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

 1. Bahan-Bahan Alami

Pomade yang mengandung bahan-bahan alami seperti minyak kelapa, minyak argan, atau lidah buaya cenderung lebih lembut pada rambut dan kulit kepala. Mereka juga cenderung memiliki aroma yang lebih segar dan alami.

 2. Bahan-Bahan Kimia

Beberapa pomade mengandung bahan-bahan kimia seperti paraben atau sulfat. Meskipun mereka dapat memberikan daya tahan yang lebih lama, mereka juga dapat mengiritasi kulit kepala dan menyebabkan masalah kulit. Jadi, jika Anda memiliki kulit sensitif, sebaiknya hindari pomade dengan bahan-bahan kimia tersebut.

 Uji Terlebih Dahulu

Saat Anda telah memilih pomade yang sesuai dengan jenis rambut Anda, gaya rambut yang diinginkan, tingkat hold, dan bahan-bahan yang Anda sukai, langkah terakhir adalah mencoba produk tersebut terlebih dahulu. Terapkan sedikit pomade pada rambut Anda dan lihat bagaimana hasilnya. Jika Anda puas dengan gaya rambut dan penampilan akhirnya, Anda telah menemukan pomade yang tepat untuk Anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *