COP28 Mendorong Peralihan Global dari Bahan Bakar Fosil

Technology391 Dilihat

Seruan Deklarasi Penghentian Penggunaan Bahan Bakar Fosil

rizkysmg.com Konferensi iklim PBB, COP28, mencapai momen penting pada hari Rabu dengan penyeruan tegas untuk memimpin dunia menuju peralihan penuh dari bahan bakar fosil. Rancangan kesepakatan iklim yang diajukan oleh kepresidenan Emirat pada KTT COP28 di Dubai mendapat sorotan sebagai langkah signifikan untuk mengatasi kebuntuan yang telah lama terjadi antara negara-negara yang mendukung penghentian penggunaan minyak, gas, dan batu bara, serta produsen minyak mentah yang dipimpin oleh Arab Saudi.

Pertama Kalinya Semua Aspek Bahan Bakar Fosil Dibahas dalam 28 Tahun

Setelah serangkaian negosiasi intens, teks kesepakatan ini, jika diadopsi, akan mencatat sejarah sebagai pertama kalinya dalam 28 tahun sejarah konferensi iklim internasional, di mana semua aspek bahan bakar fosil diperinci. Dokumen tersebut menyerukan peralihan dari bahan bakar fosil dalam sistem energi secara “adil, teratur, dan merata,” dengan tujuan mempercepat tindakan pada dekade kritis ini guna mencapai titik nol emisi pada tahun 2050, sejalan dengan rekomendasi ilmiah.

Mengatasi Tuntutan Negara Barat dan Kepulauan Rentan

Meskipun teks tersebut tidak secara eksplisit menyebutkan “penghentian” yang diminta oleh negara-negara Barat dan negara-negara kepulauan yang paling rentan terhadap naiknya permukaan laut dan badai tropis, namun rumusannya lebih kuat dibandingkan dengan draf sebelumnya yang ditolak mentah-mentah. Seruan untuk peralihan yang “adil, teratur, dan merata” memberikan landasan untuk mencapai kesepakatan bersama yang dapat diakui oleh semua pihak.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *