BRI Life Menyambut Kehadiran Lembaga Penjamin Polis dengan Langkah-Langkah Strategis

Insurance1149 Dilihat

PT Asuransi BRI Life: Antisipasi Kehadiran Lembaga Penjamin Polis di Industri Asuransi Indonesia

rizkysmg.com  PT Asuransi BRI Life Asuransi Indonesia secara positif merespons rencana kehadiran Lembaga Penjamin Polis (LPP) di industri asuransi Tanah Air. Kepala Divisi Kepatuhan & Hukum BRI Life, Yun Yun Maulana Bakti, menyatakan bahwa perusahaan sedang melakukan pengkajian mendalam terkait penerapan LPP. Beliau menyoroti dampak potensial terhadap nasabah, “Jika LPP diterapkan tanpa pertimbangan yang matang, ini dapat berpengaruh pada nasabah, misalnya, dengan kenaikan premi asuransi,” ujarnya dalam acara Media Engagement BRI Life.

Meskipun demikian, BRI Life meyakinkan bahwa kenaikan premi tidak akan langsung berdampak ke seluruh tingkat premi. Konsep ini mirip dengan yang diterapkan oleh Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) di sektor perbankan.

Menjunjung Tinggi Market Conduct: Komitmen BRI Life untuk Nasabah

Meskipun penerapan LPP masih dalam tahap perencanaan oleh pemerintah, Yun Yun menekankan bahwa BRI Life tetap fokus pada penerapan market conduct dalam operasionalnya. “Di BRI sendiri, ketentuan market conduct sudah diterapkan. Ini termasuk upaya edukasi bagi nasabah, penanganan cepat terhadap keluhan, dan aspek lainnya,” ungkapnya.

Sebelumnya, Pemerintah melalui LPS mengumumkan target pelaksanaan Program Penjaminan Polis (PPP) pada tahun 2028. Program ini memiliki sejumlah ketentuan yang mengatur peran LPP dalam melindungi pemegang polis ketika perusahaan asuransi mengalami situasi mendesak.

Program Penjaminan Polis: Perlindungan untuk Pemegang Polis

LPP diharapkan melindungi pemegang polis jika suatu saat perusahaan asuransi terpaksa tutup. PPP akan fokus menjamin unsur proteksi dari produk asuransi dalam sektor usaha tertentu. Selain itu, LPP berhak menagih iuran penjaminan, yang terdiri dari iuran awal dan iuran berkala. Besaran iuran tersebut akan diatur lebih lanjut dalam peraturan yang akan datang.

BRI Life tetap optimis dalam menghadapi dinamika industri asuransi dengan mengutamakan kepentingan nasabah melalui kebijakan yang bijaksana dan terencana. Mereka berkomitmen untuk terus beradaptasi dengan perkembangan terbaru guna memberikan pelayanan terbaik bagi pemegang polis.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *