Kapan Waktu Terbaik Berolahraga? Pagi, Sore, atau Malam?

Sport777 Dilihat

Mencari Waktu yang Tepat untuk Olahraga dengan Manfaat Optimal

rizkysmg.com  Olahraga memiliki peran penting dalam menjaga kesehatan fisik dan mental. Namun, seringkali muncul pertanyaan, kapan waktu yang tepat untuk berolahraga? Apakah setiap waktu memberikan manfaat yang sama? Mari kita cari jawabannya bersama.

Manfaat Olahraga Pagi

Menurut Rizal Do, seorang Perawat dan Healthy Educator, beberapa penelitian menunjukkan bahwa olahraga di pagi hari dapat meningkatkan kualitas tidur. Orang yang berolahraga di pagi hari cenderung memiliki tidur yang lebih nyenyak dan mengalami sedikit gangguan tidur di tengah malam. Durasi tidur yang lebih panjang juga menjadi salah satu manfaat positif.

Bagi wanita, olahraga pagi memiliki keuntungan tambahan yaitu pengurangan lemak tubuh dan penanganan tekanan darah lebih efektif. Hal ini dapat membuat otot-otot bagian bawah tubuh terasa lebih kuat dan sehat.

Manfaat Olahraga Sore atau Malam

Bagi yang lebih memilih berolahraga menjelang sore atau malam, jangan khawatir. Rizal Do menekankan bahwa waktu tersebut juga memberikan manfaat positif. Meskipun jadwal tidur bisa sedikit tergeser, namun kualitas tidur tetap baik karena cepat tidur dan jarang terbangun di malam hari.

Olahraga sore atau malam cenderung lebih berfokus pada otot bagian atas tubuh. Ini dapat membantu pengembangan kekuatan dan daya tahan, serta berpotensi meningkatkan kualitas mood dan suasana hati secara keseluruhan.

Waktu yang Tepat untuk Wanita dan Pria

Rizal Do juga membahas perbedaan manfaat olahraga antara wanita dan pria berdasarkan waktu. Bagi wanita, olahraga pagi dapat lebih efektif dalam mengurangi lemak tubuh dan menangani tekanan darah. Sementara itu, olahraga sore atau malam pada wanita dapat meningkatkan kekuatan otot bagian atas tubuh.

Bagi pria, manfaat olahraga pagi terfokus pada peningkatan kekuatan dan ketahanan otot bagian bawah tubuh. Sementara olahraga sore atau malam pada pria dapat memberikan keuntungan berupa kekuatan otot bagian atas dan peningkatan mood.

Secara keseluruhan, tidak ada waktu yang tepat atau salah untuk berolahraga. Pilihlah waktu yang sesuai dengan preferensi dan rutinitas harian Anda. Penting untuk diingat bahwa konsistensi dalam berolahraga memiliki dampak positif pada kesehatan secara keseluruhan. Apapun pilihannya, pastikan untuk menikmati setiap sesi olahraga dan menjaga keseimbangan antara aktivitas fisik dan istirahat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *